Friday, 16 March 2007

Kebebasan Pers VS Kebebasan Berkreasi di Gedung D5 ?!!

"tau gak sehhhh. jadi katanya heni dia tuh strezz gara 2 sampel dy ketinggalan di malaysia dan dia engga punya back up lagi itu data. alhasil dy suruh kerja lagi deh. jadi gimana kalu elu say helo ama dy sesekali. lah, gue bilang juga apa. engga usah bicara kebebasan pers. kenyataannya, gue dan teman2 kimia sepakat bahwa KIMIA = PENJARA terhadap kreativitas dan pemikiran..."

kutipan kalimat di atas berasal dari hasil chat gue ke seorang teman lama yang sangat akrab. si teman ini biasa gue panggil : ibu bawel.

yupz. si ibu bawel ini kuliah di jurnalistik dan sering banget beropini bahwa sudah seharusnya era reformasi ini jadi saat untuk kebebasan bagi seeseorang dalam berpendapat. tapi tentunya dengan disertai dengan tanggung jawab.

nah, hal ini tidak berlaku di jurusan gue, kimia di suatu perguruan tinggi negeri di jatinangor. nama gedung kuliah itu adalah Gedung-D5. entah juga sih, ini memang MURNI PENDAPAT PRIBADI. kebebasan itu tidak berlaku di kampus kimia gue. istilah seorang teman lain yang suka gue panggil dengan nama summy adalah : Kimia = JEPRUTZ.

ilmu kimia, sebagaimana ilmu -ilmu lain yang sebaiknya dipelajari manusia itu MEMANG BERMANFAAT. yang bikin kimia engga bangeud adalah sistem dan pelaksanaan. bagian mana? yah, secara tadi abis nge-gosip ama anak2 tentang DOSEN2 kimia yang engga bangeud. tapi 1 hal. gue seneng dengan dosen fisika-statistik, dosen pemisahan bagian fasa, dosen spektroskopi, dosen bioanorganik, dan dosen pengajar ibu bawel di jurnalistik sono yang ngajar dasar-dasar penulisan. mereka memiliki ilmunya TAPI MEREKA TIDAK MENUTUP DIRI TERHADAP PERUBAHAN dan ILMU LAIN DI LUAR YANG MEREKA KUASAI. dan dosen2 yang gue kagumi itu berusaha menularkan pemikirannya ke para mahasiswa. yang sialnya, kayaknya baru gue yang ketularan. gue engga bilang nyekokin, coz gue engga MERASA DICEKOKIN.


sudahlah, biarkan KIMIA di kampus jatinangor menjadi misteri. dan biar pula ocehan gue dianggap sebagai ASAS PRADUGA MENUJU GOSIP. ini kan era reformasi. saatnya BERANI BERBICARA DAN BERPENDAPAT, TENTUNYA DENGAN TANGGUNG JAWAB...


wallahu alam bi ash-shawab... segala kebenaran hanya milik Allah, manusia adalah tempatnya salah.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home